Home / Uncategorized / Beginilah Cara Kerja Solenoid Pada Mobil

Beginilah Cara Kerja Solenoid Pada Mobil

Dapurmobil.com – Selama mesin bekerja normal dan masih memiliki bahan bakar yang cukup, mesin pembakaran internal akan terus berjalan dengan sendirinya secara berkelanjutan. Tapi saat menyalakan mesin, merupakan tugas dari sistem komponen utama yang terdiri dari :

1. Baterai
2. Motor Starter
3. Solenoid
4. Tombol Starter

Langkah Pertama Menyalakan Mesin :
Proses ini melibatkan 2 komponen arus listrik kuat dan lemah. Ketika aktif, biasanya saat memutar kunci komponen lemah di pengapian akan melewati solenoid. Pada titik ini, dua gelombang besar arus akan melewati solenoid, dan kemungkinan arus listrik yang cukup besar juga melewati solenoid. Proses ini membutuhkan kabel langsung dari baterai/aki. Pengoperasian proses ini melalui mekanisme starter. Oleh karena itu perlu arus lemah melalui penagpian.

Saat memulai menstarter, motor starer akan memisah dua arus listrik yang kuat. Motor satrter di rancang sehingga arus listrik akan melewati tuas, dan memaksa gear kecil pada luar poros per. Gear ini disebut pinion, yang bersentuhan dengan bagian bergerigi pada luar gear mesin. Pada bagian gear ini bernama starter ring gear.

Langkah Kedua Menyalakan Mesin :
Langkah kedua ini arus listrik berotasi searah di pusat poros yang disebabkan arus yang lebih besar pada motor. Motor mengubah energi listrik menjadi energi mekanik pada pusat poros rotasi. Hal ini karena arus listrik berinteraksi dengan medan magnet di motor starter dan menghasilkan rotor pada poros. Saat ini turning action pada motor dirancang kecepatan tertinggi, pinion pada poros akan bersentuhan denagn cincin gigi pada roda. Mesin kemudian akan berjalan dan sistem keamanan starter secara otomatis akan melepas pinion dari cincin bergerigi. Per akan membawa pinion kembali pada tempatnya dan mekanisme berjalan.

Ketika menstarter, jika kau memposisikan kunci pada posisi ‘start’ cukup lama, akan ada sedikit masalah. Per akan kembali ke posisi ‘on’ dari start setelah kau mencabutnya. Jika itu gagal, akan terdengar suara tidak enak pada mesin. Kabar baiknya adalah walaupun ada kelsalahan mekanisme keselamatan satrter telah merilis pinion dari cincin gigi. Tetapi kabar buruknya jika kau terlalu sering melakukan kesalahn ini itu akan memperpendek usia motor startermu.

By : Abi Subekti

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …