Home / Uncategorized / Cara yang Benar Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Cara yang Benar Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Dapurmobil.com – Memanaskan mobil sebelum digunakan merupakan kebiasaan sebagian besar pemilik mobil dan hal tersebut sangat dianjurkan, sebab memanaskan mobil merupakan bagian dari perawatan rutin pada mobil, agar performa mesin tetap awet dan terjaga.

Memanaskan mobil sebelum digunakan merupakan hal penting jika anda ingi agar performa mesin tetap awet dan terjaga, terutama pada mobil injeksi dan matic. Karena pada pemanasan mesin tersebut akan membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri seluruh sisi ruang komponen di dalam mesin, maka pada saat mobil di gunakan seluruh komponen yang ada di dalam mesin akan lebih aman dalam gesekan atau saling berbenturan, karena sudah tidak ada bagian ruang yang belum terkena oli pelumas.

Maka dari itu sebelum mobil digunakan, biasakan memanaskan mesin mobil setiap hari selama lima menit di waktu pagi sebelum beraktifitas, khususnya untuk mobil injeksi, karena sirkulasi pelumasan mesin pada mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator.

adapun cara memanaskan mobil yang benar yaitu, pada saat kita memanaskan mesin mobil, kita bisa melihat indicator temperature yang tersedia pada speedo. Dimana pada saat indikator temperature sudah menunjukkan posisi minimal sepertiga dari jarum temperature, menandakan bahwa mobil sudah siap digunakan.

Pada saat memanaskan mobil, disarankan untuk tidak menginjak pedal gas demi menjaga beberapa part onderdil yang berada di dalam mesin mobil supaya tetap awet. Dimana pada saat menginjak gas akan menimbulkan getaran yang akan mempengaruhi kondisi dudukan onderdil di dalam mesin. Jika ingin menghilangkan kotoran yang berada pada celah-celah mesin agar bisa keluar lewat pembuangan, anda bisa menginjak pedal tetap dalam kondisi mobil berjalan, sehingga putaran mesin tidak tertahan seperti disaat mobil kondisi netral atau parkir.

Hal penting lain jika memanaskan mobil yaitu matikan AC mobil, jadi cek konisi AC dan matikan dulu sebelum menghidupkan mesin, supaya power battry/ accu secara penuh tersalurkan pada dynamo starter mobil, selain itu beban putar mesin akan terasa lebih ringan sehingga putaran kerja mesin bisa maksimal.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …