Home / Uncategorized / Mengenal Cara Kerja Mesin EFI

Mengenal Cara Kerja Mesin EFI

Dapurmobil.com – EFI (Electronic Fuel Injection) merupakan sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dikontrol secara elektronik untuk mendapatkan nilai campuran udara dengan bahan bakar agar selalu sesuai dengan kebutuhan mesin. Pemakaian EFI mampu membuat daya motor lebih optimal dengan pemakaian bahan bakar yang efisien serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan.

Nama EFI sendiri dipakai oleh merk Toyota sedangkan merk lain mempunyai nama yang berbeda, akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.

Fungsi dan Cara Kerja Injeksi

Adapun fungsi dan cara kerja mesin yang menggunakan Sistem EFI terdiri dari tiga system utama yaitu :

Sistem Bahan Bakar

Sitem Bahan Bakar sendiri berfungsi dalam menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar yang terdiri dari pompa bahan bakar, fuel pulsation damper, pressure regulator, injektor dll.

Pompa Bahan Bakar
Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector dan pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik.

Fuel Pulsation Damper
Fuel pulsation damper berfungsi untuk menyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.

Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang mengalir ke injector. Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.

Injektor
Injektor merupakan sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol oleh computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan.

Cold Start Injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara masuk. Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220 Celsius.

system induksi
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran yang terdiri dari Throttle Body, katup udara, Air Flow Meter dan System Kontrol Elektronik (ECU).

Throttle Body
Throttle body berfungsi untuk mengontrol masuknya udara ,sebuah system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.

Katup Udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.

Air Flow Meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan switch pompa bahan bakar.

System Kontrol Elektronik (ECU)
Kalau komputer mempunyai CPU, maka pada sistem Injeksi mempunyai ECU (Electronic Control Unit) Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow meter, Sensor air pendingin, sensor psisi katup gas, sensor udara masuk, sensor gas tekan, dan sensor tekanan mesin.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …