Home / Uncategorized / Mengenal Sistem VVT-i Pada Mesin

Mengenal Sistem VVT-i Pada Mesin

Dapurmobil.com – Mobil yang menggunakan sistem VVT-i pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Mesin yang menggunakan Sistem VVT-i diklaim lebih efisien, bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Terus, bagaimana sistem kerja VVT-i ini sehingga membuat mesin dengan hasil kerja yang lebih memuaskan ?.

Cara ara kerja teknologi ini cukup simpel yaitu menghitung waktu buka tutup katup ( valve timing ) secara optimal, menyesuaikan ECU ( Electronic Control Unit ) dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle ( akselerator ) dan temperatur air. Supaya target valve timing selalu terwujud, Sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi.

pada sistem VVT-i ini akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuknya bahan bakar dan udara dan disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap-tiap putaran dan beban mesin. Dengan begitu akan menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Keunggulan VVT-i
Tenaga yang optimal disetiap putaran mesin, Sistem katup mendukung proses pembakaran lebih efektif dalam menghasilkan tenaga yang maksimal.
Hemat Bahan Bakar, Pengaturan katup elektronik membuat konsumsi bahan bakar menjadi hemat dan efesien.
Gas Buang Ramah Lingkungan,Suplai bahan bakar dan udara yang diatur oleh sistem kerja katup membuat pembakaran menjadi sempurna, dan gas buang yang dihasilkan menjadi besih.
Tercatat lebih dari satu varian Toyota yang mengadopsi Teknologi VVT-i ini layaknya Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Yaris dan Sedan Toyota Vios.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …