Home / Uncategorized / Mengenal Teknologi VTEC pada Mobil

Mengenal Teknologi VTEC pada Mobil

Dapurmobil.com – Teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) merupakan teknologi pengatur katup canggih yang diciptakan oleh Honda yang masih diterapkan sampai sekarasng pada jajaran mesin Honda. Keunggulan teknologi VTEC ini terletak dimana mesin yang bersilinder kecil mampu menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar serta membuat komsumsi bahan bakar mesin lebih efisien.

Pemakaian teknologi VTEC ini dapat menghasilkan performa optimal pada kecepatan tinggi dan tetap dapat mempertahankan efisiensi bahan bakar sehingga dapat menurunkan tingkat emisi dan polusi.

Pada teknologi VTEC saat putaran rendah, satu katup terbuka penuh dan katup lainnya hanya terbuka sedikit untuk menciptakan efek perputaran udara di dalam ruang bakar, sehingga dapat mencapai tenaga mesin yang optimal dan akselerasi responsif baik pada saat putaran RPM tinggi atau rendah.

Teknologi VTEC itu sendiri terbagi tiga macam yaitu, VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.

Honda pertama kali menggunakan teknologi VTEC-E (Economic) di Indonesia pada Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.

Pada mobil Honda Civic Ferio 1996 tersebut, Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Sementara untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya. Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.

Keunggulan VTEC
Mesin bersilinder kecil, mampu menghasilkan tenaga sebanding dengan mesin bersilinder besar.
Memberikan konsumsi bahan bakar yang baik.
Menjaga performa mesin agar tetap optimal, baik untuk putaran mesin rendah maupun putaran tinggi.
Proses pembuangan tak memerlukan pembukaan katup variabel sebab gas buang semakin lancar, jadi kerja mesin akan semakin enteng.

Kelemahan VTEC
Karena menggunakan oli, kerja VTEC bisa terganggu karena oli mesin kurang, kotor atau tekanan oli rendah karena adanya kebocoran pada sistem, misalnya O-ring yang rusak.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …