Home / Uncategorized / Pengertian dan Jenis-jenis Mobil Crossover

Pengertian dan Jenis-jenis Mobil Crossover

Dapurmobil.com – Mobil jenis Crossover saat ini tengah mengalami kepopuleran. Adapun yang dimaksud mobil jenis Crossover yaitu penggabungan dari beberapa jenis mobil yang berbeda menjadi satu. Mobil jenis Crossover mempunyai model yang beraneka ragam tergantung dari penggabung model mobil itu sendiri.

Mobil Crossover yang sering diproduksi adalah penggabungan antara Hatchback dengan SUV. Mobil jenis ini semakin populer dengan menggabungkan kepraktisan mobil Hatchback dengan ground clearance dari sebuah SUV.

Berbeda dengan SUV, mobil jenis Crossover diproduksi dengan menggunakan konstruksi unibody atau body menyatu dengan sasis, sedangkan SUV menggunakan body-on-frame atau body terpisah dengan sasis. Kemampuan jelajah Crossover hatchback pun tidak sehebat SUV yang sesungguhnya. Contoh dari Crossover Hatchback-SUV antara lain seperti Suzuki SX4, Nissan Juke, dan Honda HR-V.

Lain halnya dengan jenis Crossover antara gabungan MPV dan SUV. Crossover jenis ini biasanya menggabungkan antara daya muat MPV dengan ground clearance SUV. Tetapi, kebanyakan adalah mobil dengan dasar MPV yang ditinggikan sehingga daya jelajahnya juga tidak seluas SUV. Contoh jenis Crossover MPV-SUV adalah Chevrolet Spin Activ dan Nissan Livina X-Gear.

Adapun jenis Crossover pengabungan antara SUV dengan Pick-Up Truckbiasanya dinamai Double Cabin, dimana sebuah SUV memiliki daya angkut selayaknya Pick-Up. Contoh dari kombinasi ini ada Mitsubishi Triton serta Ford Ranger.

Terdapat jenis Crossover yang jarang diproduksi yaitu Salah penggabungan antara wagon dengan SUV. Masih menggunakan daya jelajah SUV, namun bodinya dibuat seperti hatchback, tetapi atapnya lebih panjang, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk barang bawaan. Salah satu contoh yang berada di segmen ini adalah Volvo V90 Cross Country dan Mercedes-Benz E-Class All-Terrain.

Terdapat juga jenis Crossover pengabungan antara mobil jenis sedan dan kupe. Mobil ini menggabungkan ukuran kupe yang ditambahkan pintu sehingga menjadi sedan. Contoh dari Crossover sedan-kupe ini antara lain BMW Seri 6 Gran-Coupe dan Mercedes-Benz CLS-class.

Biasanya, sebuah kupe memang memiliki ruang yang terbatas untuk penumpang di belakang. Akan tetapi, dengan memberi sepasang pintu alih-alih dua pasang, memberikan mobil jenis ini kenyamanan tanpa kompromi dengan penampulan yang sporti. Seperti yang diterapkan pada Bentley Continental GT dan Mercedes-Benz S-class Coupe.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …