Home / Tips Dan Trik / Penyebab Bau Pada Interior Mobil

Penyebab Bau Pada Interior Mobil

Dapurmobil.com – Kalau kendaraanmu memberikan bau tidak biasa atau menjijikan yang bukan berasal dari bau “Mobil Baru”, ikuti hidungmu dan temukan asal aromanya. Bau tidak enak itu akan menyebabkan repair yang mahal atau bahaya kesehatan dari mobil, dan tidak boleh diabaikan. Berikut ini adalah beberapa bau yang umum dan kemungkinan dari penyebabnya bau “ITU”:
Apek: Ini dihasilkan ketika kamu menyalakan AC, jamur dan/atau lumut mungkin terbentuk dari sistem AC. Kelembapan alami yang terkumpul dari dinginnya AC evaporator (radiator kecil yang membawa pendingin ke dasbor mobil) akan menimbulkan jamur. Dengan hanya menjalankan kipas berkecepatan tinggi (dengan mematikan AC) bisa mengeringkan evaporator.
Namun, itu tidak menjamin masalah akan pergi selama-lamanya — terutama jika itu disebabkan oleh sumbatan di tabung saluran yang memungkinkan tetesan air jatuh ke bawah mobil. Bau Apek juga dapat disebabkan oleh basahnya karpet dikarenakan air bocor ke interior.
Segar: Antifreeze memiliki sebuah kesegaran, bau seperti sirup. Dan bau seperti itu yang berada di dalam mobil biasanya menandakan ada kebocoran di suatu tempat pada daerah sistem pendingin. Mungkin sumbernya susah untuk ditemukan. Seperti contoh, kebocoran yang terjadi dari karatan heat exchanger (aka inti pemanas), biasanya terjadi di bagian belakang dashboard. Kebocoran bisa terjadi dari dari uap yang masuk ke dalam kabin, kemudian memproduksi bau yang bisa mengaburkan pandangan di jendela. Masalah ini dikarenakan pernapasan dari antifreeze tidak baik untuk anda.
Pembakaran: minyak bisa mengalir ke bagian yang panas dari mesin atau ke sistem pembuangan. Ini juga bisa disebabkan dari bantalan rem dan/atau baling-baling yang terlalu panas – karena pengereman yang agresif, bantalan yang tidak tertarik saat anda melepaskan pedal rem atau rem darurat akan tertinggal saat berkendara. Pada kendaraan dengan transmisi manual, plat kopling bisa aus atau terlalu panas dari penggunaan pedal kopling saat berkendara. Daun-daun atau yang lainnya dari material di dalam ruang mesin – terkadang dikirim sarang hewan dari pengerat – juga bisa terbakar di permukaan mesin yang panas.
Telur Busuk: jika kamu mencium bau telur busuk atau sulfur, cataylic converter kamu mungkin telah berubah menjadi sangat buruk. Akar penyebab bisa terjadi dari masalah mesin atau emisi-emisi yang membuat converter overheat.
Listrik: Bau roti panggang? Itu bisa terjadi dari hubungan pendek dalam komponen listrik atau overheat dari insulasi. Ambil bau listrik tersebut secara hati-hati, karena celahnya sangat sempit dan komponen yang terlalu panas merupakan sumber dari api.
Gas: normal jika mencium sedikit bau gas ketika pertama kali menyalakan mesin yang dingin karena pembakaran yang tidak sempurna. Jika kamu mencium bau gas setelah mesin sudah panas, meskipun tutup gas menjadi longgar atau kontrol emisi yang menguap – yang seharusnya berisi uap bahan bakar dan daur ulang dari mesin – bisa bocor atau tersumbat. Lebih buruk lagi, gas bisa bocor dari tangki atau bagian lain dari sistem bahan bakar. Selalu menyelidiki bau gas yang kamu temukan ketika mobil kamu diparkir sebelum mobil distarter dan berpotensi memicu bahan bakar.
Buah Busuk: mungkin baunya tergantung dari buah yang busuk.

About Rizal Aco

Check Also

7 Tanda Rem Mobil yang Mengalami Masalah

7 Tanda Rem Mobil yang Mengalami Masalah

Dapurmobil.com – Pernahkah saat mengemudi anda merasakan rem kurang berfungsi normal? sedikit blong? atau rem …