Home / Uncategorized / Seberapa Seringkah Harus Megganti Minyak Pendingin Mesin?

Seberapa Seringkah Harus Megganti Minyak Pendingin Mesin?

Dapurmobil.com – Untuk beberapa mobil penggantian dilakukan setiap 30.000 mil, tapi untuk penggantian juga dapat melihat jadwal perawatan rutin.

Misalnya, Hyundai meneyebut minyak pendingin sebagai cairan ‘Antibeku’ dan menyarankan penggantian pertama 60.000 mil dan 30.000 mil berikutnya. Mercedes-Benz 150.000 mil untuk penggantian minyak pendingin.

Beberapa produsen mempunyai rekomendasi yang berbeda-beda sesuai jenis mobil. Chevrolets menyarankan penggantian pada 150.000 mil pemakaian. Tapi sekarang banyak produsen dan dealer mempromosikan kendaraan tanpa harus mengganti minyak pendingin ‘seumur hidup’ tapi anda harus melakuakn perawatan setiap 30.000 atau 50.000 mil.

Alasanya adalah : Pendingin mesin biasanya menggunakan 50/50 campuran antara cairan antibeku dan air yang selama bertahun-tahun dapat melindungi mesin dari panas dan dingin. Beberapa mobil modern memiliki interval perawatan yang lebih panjang karena sisitem yang jauh lebih baik. Antibeku yang telah bertahun-tahun dapat menjadi asam dan menyebabkan korosi pada radiator, waterpump, termostat dan bagian lain pada mesin.

Maka dari itu pengecekan harus dilakuakn pada 50.000 mil pemakaian apakah pendingin masih berfungsi secara baik. Hal ini dapat diperiksa denga strip test keasamandan hydrometer untuk mengukur pembekuan. Jika hasil pengecekan menunjukkan pendingin masih baik tidakperlu harus repot mealakuakan penggantian pada pendingin serta dapat mengehemat uang.

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …