Home / Uncategorized / Tips Perawatan Mobil Agar Selalu Prima

Tips Perawatan Mobil Agar Selalu Prima

Dapurmobil.com – Teknologi otomotif telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Tetapi tak peduli seberapa baik kondisi mobil kita, tentu tetap membutuhkan perawatan reguler agar beroprasi dengan aman dan efisien serta teteap prima. Itu berarti pengecekan oli mesin, minyak-minyak lain, selang, filter dan ban harus berkala.

Apakah perawatan mobilmu terjadwal manual atau secara otomatis?

Ketika tiba jadwal pemeriksaan kondisi mobil, pertama dan terpenting periksalah catatan perawatan. Lihat rekomendasi servis pabrik, lalu ikuti jadwal pemeliharaan mobilmu yang sesuai. Contohnya, untuk pengemudian normal, setiap 6 bulan atau 6000 km, kau harus memeriksa oli mesin, filter oli, serta kondisi ban.

Kebanyakan mobil jenis baru saat ini dapat secara otomatis mengingatkan pemiliknya via layar interaktif di dalam mobil atau melalui smartphone jika sudah saatnya servis. sistem ini bekerja berdasar jarak tempuh serta sensor yang kompleks berada dalam mobil.

Terlepas dari pengaruh cuaca kau harus tetap memeriksa catatan atau menunggu mobilmu memberikan sinyal untuk servis. Sangat penting mematuhi aturan produsen mobil, jika mobilmu masih baru dan bergaransi.

Mitos tentang kapan harus mengganti oli

Oli kendaraan dapat tahan lama. Oli sitetis banyak dijual di toko-toko dengan oli konvensional biasa, dan mendapat rating cukup baik.Prinsip kerja yang digunakan hampir sama. teknologi tentang performa mesin sudah jauh berkembang lebih baik dan maju.

Pelumas kendaraan sudah berevolusi, begitu juga dengan jarak penggantian oli mesin. dulu jarak tempuh yang direkomendasikan untuk mengganti oli sekitar 3000 km, di 2014 spesifikasi untuk penggantian oli sekitar 7.500 sampai 10.000 km. yang paling pendek berkisar 5000 km dan yang terpanjang sekitar 15.000 km.

Saat waktunya mengganti oli, pertama dan terpenting untuk selalu melihat catatan perawatan. LIhat rekomendasi produsen tentang viskovitas oli apakh memenuhi syarat produsen, seperti jika mobilmu membutuhkan oli sintetis dan ubahlah jadwal perawatanmu.

Servis utama

Jika yah atau kakekmu seorang pengendara yang telilti bagaimana pendapatnya tentang auto servis? mereka mungkina akan memeriksa oli setelah mangisi bahan bakar. Dan mungkin akan selalu mengganti oli setipa 300 km.

Jadi perwatan mobil sangat bervariasi sekarang ini.Tetapi ada beberapa dasra yang masih sama, dan itu membuatmu mengantisipasi perbaikan jika ada kendala di jalanan. Sebagai saran, kau harus mengganti oli secara berkala dan ada beberapa tambahan untuk perawatan mobilmu :

Periksa seluruh minyak (oli mesin, oli transmisi, pendingin, minyak rem, dll) serta memriksa apakah ada kebocoran atau tidak.

Periksa ban serta tekanan angin-apakh kondisi ban sesuai

Periksa kondisi aki apakh ada karat atu kebel yang terlepas

Periksa seluruh lampu apakah masih layak

Periksa kondisi wiper

Periksa kondisi kondisi sabuk pengaman

Periksa penyaring udara

Periksa bahan bakar

Periksa ac kabin

Periksa rem

Periksa knalpot apakah ada kebocoran atau mur yang lepas

Peliharalah mesinmu!

About dapurmobil

Check Also

Yuk Intip Proses Produksi Ford,  Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Yuk Intip Proses Produksi Ford, Produksi Mobil Massal Pertama di Dunia

Dapurmobil.com – Tahun  1908 merupakan  tahun yang bersejarah bagi Ford, dimana pada tahun tersebut Ford …